860.001 Calon Mahasiswa Berebut 135 Ribu Kursi Universitas Negeri

860.001 Calon Mahasiswa Berebut 135 Ribu Kursi Universitas Negeri
kolomaktual.Sebanyak 860.001 calon mahasiswa akan mengikuti ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Mereka akan memperebutkan 135 ribu kursi perguruan tinggi negeri di Tanah Air.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN, Ravik Karsidi menjelaskan, saat ini persiapan dilakukan, baik oleh panitia pusat maupun panitia lokal, agar proses seleksi berjalan lancar. Ia mengungkapkan, jumlah peserta tahun ini naik jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Tahun ini jumlah pesertanya lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu, meningkat sekitar 15 persen,” ujar Ravik. Ravik menerangkan, peningkatan jumlah peserta SBMPT dikarenakan semakin tingginya minat lulusan untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Terkait pelaksanaan SBMPTN, ia menyampaikan, akan dilakukan dengan dua kategori. Yakni kategori ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) dan ujian tertulis berbasis cetak atau (UTBC).

Pemilihan kategori tersebut, lanjut Ravik, disesuaikan dengan kesiapan dari pelaksana ujian. Apalagi proses ujian akan menggunakan komputer, yang tentunya dibutuhkan fasilitas yang memadai. “Ada 833.820 peserta yang mengikuti UTBC, sedangkan yang mengikuti UTBK sebanyak 26.181 peserta,” katanya. Ravik menambahkan untuk ujian tertulis akan dilaksanakan Selasa besok, sedangkan untuk ujian keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 11 Mei mendatang. Untuk ujian keterampilan yakni POK dan seni.

Comments

Popular posts from this blog

Koalisi Gerindra, PKS, PAN Sepakat Dukung Prabowo Capres 2019

Formasi Cpns 2018 Untuk Instansi Pusat Telah Ditetapkan

Marquez Makin Meninggalkan Rossi Di Klasemen MotoGP 2018